Akhir-akhir ini saya lebih suka menjelajah video-video di Youtube, sebuah situs jejaring sosial berbasis video yang dinaungi Google. Betapa mengejutkan, saya menemukan banyak sekali kanal (channel) yang sangat mengagumkan. Saya terbius dengan video-video yang diunggah dan merasa kecanduan untuk menonton video-video lainnya. Tak hanya itu, video-video tersebut telah memberikan wawasan dan inspirasi yang berarti bagi saya pribadi.

YouTube Channels

YouTube Channels

Update 27 Juli 2015

It’s quite a while after I posted this 3 years ago. Since some people got lost here to find some interesting channels, I introduce you a very interesting channel, for me at least this recent months in July 2015. There are,

  • Casey Neistat, seorang filmmaker yang sukses dengan karyanya di HBO series, advertising untuk Mercedes-Benz dan Nike, serta beberapa video viral lainnya. Tepat hari ini dia merilis Vlog ke 100 dan video tersebut sangat menginspirasi. Saya tidak biasa untuk menonton vlog yang bersifat pribadi dan biasanya membosankan. Tapi Casey berhasil membungkusnya dengan konten serta visual yang sangat menarik. Berikut saya tautkan beberapa video Casey favorit saya. Iya, mungkin terlalu banyak. That’s why I subscribe his channel and watch every single Vlog he posted every day! Ha!

***

Kali ini saya ingin berbagi beberapa kanal Youtube yang keren dan menginpirasi.

  • Jun Sung Ahn (JuNCurryAhn), seorang violinist yang gemar melakukan cover lagu-lagu populer. Jika ditelusuri, dia merupakan pemain biola yang berbakat. Hal ini terlihat dari video orkestra yang pernah dia unggah di kanalnya. Dalam video itu dia menjadi pemain biola di barisan pertama, yang artinya dia merupakan salah satu pemain biola berprestasi dari seluruh pemain biola yang bermain dalam orkestra tersebut. Beberapa videonya saat ini sedang berada dalam status private karena beberapa videonya dicap telah melakukan pelanggaran hak cipta. Saya tidak mengerti kenapa videonya dianggap melanggar hak cipta, karena di dalam videonya sendiri, ia sudah mencantumkan nama artis yang mempopulerkan lagu tersebut. Semoga videonya segera dinikmati oleh publik kembali. Video cover yang paling saya suka yakni Payphone yang dibawakan oleh Maroon 5.
  • Sungha Jung (jwcfree), seorang guitar finger yang sangat populer di Youtube. Bakatnya yang luar biasa telah membawanya menjadi artis di ranah Youtube. Bahkan kepopulerannya tersebut mampu membuatnya melakukan tour. Baru-baru ini ia melakukan tour ke Indonesia.
  • David Choi (davidchoimusic), seorang musisi yang memiliki bakat membuat lagu, memainkan gitar, ukulele, dan biola. Lagu-lagunya sangat enak didengar dan romantis. Ehemm. Tidak Percaya? Silakan cek saja kanalnya. Saya paling suka lagu Missing Piece dan By My Side. Ehemm. #kode

Eits, masih ada lagi. Setelah menjelajah lebih jauh lagi, ternyata bukan cuma bidang musik yang bisa menjadikan Youtube sebagai ajang pamer bakat atau panggung unjuk gigi. Berikut kanal favorit saya yang lainnya.

  • Wong Fu Productions (WongFuProductions), sebuah kelompok anak muda yang gemar membuat video sejak mereka masih duduk di bangku sekolah. Saat ini mereka sudah banyak sekali membuat karya hingga menjadi sebuah bisnis bagi mereka. Mereka pernah bekerja sama dengan perusahaan AT&T untuk membuat webseries. Shot yang dibuat sungguh bagus sekali dan akting para aktor dan aktris juga lumayan. Hm, sepertinya asyik juga ya berkutat membuat video. Ada kanal lain yang menarik loh yang berkutat di filmmaker, seperti JinnyboyTV, mysteryguitarman, dan jubileeProject.
  • Ronnie Shalvis (ronniestreetstunts), seorang ahli parkour yang memiliki kemampuan yang oke saat beraksi. Silakan lihat videonya yang paling populer saat bekerja sama dengan devinsupertramp, artis Youtube yang memiliki kemampuan di bidang short video.
  • MinutePhysics, sebuah kanal yang mengemas ilmu pengetahuan Fisika dengan sangat berbeda dan menyenangkan.
  • AsapSCIENCE, sebuah kanal yang mengemas ilmu sains (tidak hanya Fisika) dengan konsep yang mirip dengan minutephysics. Video-videonya menjelaskan ilmu sains dengan gambar-gambar yang mudah dimengerti dan tidak membosankan. Ada yang ingin melakukan hal serupa dalam bahasa Indonesia?
  • Brusspup, sebuah kanal yang menunjukkan berbagai ilusi optik mengagumkan dan seringkali membuat saya ternganga kebingungan. Kok bisa sih? Loh kok gitu? LOL

Selain kanal-kanal tersebut, saya juga sering melihat program televisi luar negeri seperti The Bing Bang Theory. Harap maklum, saya belum punya langganan televisi kabel, lagipula saya sendiri tidak begitu suka menonton televisi. Serial tersebut bertema sains namun dibungkus komedi. Seringkali saya terbahak terpingkal-pingkal dikarenakan dialog atau ekspresi aktor aktris serial tersebut. Sayang sekali hanya season 6 yang bisa ditonton lengkap. Season lainnya hanya ditampilkan teasernya saja atau kegiatan terkait season tersebut.

Update
Semakin lama saya nimbrung di Youtube, semakin banyak kanal yang menarik. Berikut beberapa tambahan kanal menarik tersebut:

  • Yif Art of Magic – Sebuah kanal yang dijadikan pemiliknya sebagai panggung sulap pribadinya. Dikarenakan ia tidak Berbahasa Inggris, fitur Captions (tombol cc di video player) bisa digunakan untuk memunculkan subtitle dalam bahasa Inggris (jika ada).

Apa kanal Youtube favoritmu? Bagi dong di kolom komentar :-D