Perihal Rekening Ponsel

Isi dan gunakan Rekening Ponsel Anda, untuk transfer dana GRATIS ke semua nomor ponsel di Indonesia & tarik tunai dengan ponsel di ATM CIMB Niaga. Info 14041

Begitulah sebuah pesan singkat yang saya terima kemarin sore. Rekening ponsel? Apaan tuh? Saya sudah coba korek informasi mengenai hal ini, simak yuk penjelasan saya sebagai berikut! *wink

Rekening Ponsel CIMB Niaga

Iklan Rekening Ponsel CIMB Niaga

Apa itu Rekening Ponsel?

Rekening ponsel merupakan fitur terbaru yang memungkinkan nomor ponsel sebagai nomor rekening. Fitur tersebut memungkinkan transaksi umum perbankan, cukup dilakukan dengan menggunakan nomor ponsel seperti transfer dan tarik tunai. Fitur yang sangat memudahkan nasabah ini, ditawarkan oleh CIMB Niaga dalam rangka mengusung slogan branchless banking dan program Bank Indonesia yakni Inklusi Finansial. Lengkapnya ada di sini.

Kelebihan rekening ponsel

Tarik tunai tanpa kartu ATM

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh rekening ponsel yakni pemilik nomor rekening ponsel dapat melakukan tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu ATM. Tanpa kartu ATM? Gimana tarik tunainya? Jadi rekening ponsel ini akan menjadikan nomor ponsel kamu sebagai pengganti kartu ATM.

Biasanya sebelum melakukan transaksi di ATM, kita akan memasukkan kartu ATM, namun pada rekening ponsel, kita cukup memasukkan nomor rekening ponsel. Kemudian passcode (semacam password sementara) akan dikirim ke nomor ponsel kamu agar dapat melanjutkan transaksi.

Pastikan nomor ponsel kamu memiliki pulsa yang cukup ya!. Jika pulsa tidak mencukupi, maka sms passcode tidak bisa terkirim.

Tanpa minimal saldo

Dari saldo yang tersedia dalam nomor rekening ponsel, kamu dapat menarik uang tunai dalam nomor rekening ponsel tersebut tanpa minimal saldo. Jadi jika kamu memiliki saldo Rp100.000 dalam rekening ponsel, kamu bisa tarik habis uang tunai sejumlah Rp100.000 hingga tidak ada saldo yang tersisa dalam rekening ponsel tersebut.

Cara mengaktifkan fitur rekening ponsel

Bagi nasabah CIMB Niaga, cukup aktifkan fitur Go Mobile, kemudian secara otomatis rekening ponsel akan aktif. Silakan unduh aplikasi Go Mobile dan rasakan kemudahan bertransaksi dalam genggaman tangan Anda.

Bagi non-nasabah CIMB Niaga, cukup datang ke cabang CIMB Niaga terdekat untuk mengaktifkan fitur rekening ponsel.

Cara transfer ke rekening ponsel

Saat ini transaksi transfer dapat dilakukan dengan menggunakan Automatic Teller Machine (ATM), Cash Deposit Machine (CDM), dan SMS Menu, dan Go Mobile. Cara transaksi transfer di ATM dan CDM dapat dilakukan dengan cara biasanya. Berikut akan dipaparkan cara transfer dengan menggunakan Go Mobile.

Transfer dengan Go Mobile

Login ke GoMobile. Pilih `Menu Transfer`. Kemudian pilih `Ke Rekening CIMB Niaga Saya`. Pilih sumber dana yang ingin digunakan kemudian pilih `Rekening Penerima`. Nanti akan ada sebuah menu rekening ponsel kita yang sudah didaftarkan. Isi data formulir lainnya dan lanjutkan transaksi transfer seperti biasa.

Jika ingin melakukan transfer ke rekening ponsel milik orang lain, silakan memilih menu `Transfer`. Kemudian memilih menu `Ke Rekening CIMB Niaga Lain`. Pilih sumber dana yang diinginkan lalu pilih menu `Rek Ponsel`. Setelah itu isi nomor handphone penerima dan formulir lainnya. Lanjutkan transaksi transfer seperti biasa.

Cara Pembayaran Rekening Ponsel

Ada dua cara pembayaran menggunakan rekening ponsel,

Regular

Lakukan transaksi misalnya di J.Co, BreadTalk, Seven Eleven. Kemudian sebutkan rekening ponsel kamu agar diinput oleh kasir. Setelah itu akan ada sms notifikasi ke ponsel kamu. Balas sms tersebut, biasanya PIN mBanking, sebagai bentuk konfirmasi. Tadaa!

Kupon

Ketik “Kupon<spasi>100000″, misalnya ingin membuat kupon sejumlah Rp100.000, kemudian kirim ke 1418. Setelah itu kamu akan diminta untuk memberikan PIN mBanking kamu. Tadaa! Kupon kamu sudah terbuat dan siap untuk dibelanjakan.

Kupon Rekening Ponsel

Kupon Rekening Ponsel

Cara pembayaran ini menurut saya cara jenius dari CIMB Niaga untuk mengatasi kesulitan yang mungkin terjadi pada cara regular. Bisa jadi saat ingin membayar dengan cara regular, ternyata handphone tidak mendapat sinyal. Otomatis sms notifikasi tidak terkirim dan pembayaran tidak dapat dilakukan. Namun dengan cara kupon, hal tersebut dapat diatasi. Asal saat membuat kupon sudah dilakukan dua jam sebelum transaksi dan berada di jaringan sinyal yang kuat.

Non-nasabah CIMB Niaga juga bisa loh!

Lah? Non-nasabah CIMB Niaga juga bisa menikmati fitur ini? Ah, datang ke cabang untuk buka akun tabungan CIMB Niaga ya maksudnya? Nggak kok, maksud non-nasabah disuruh datang ke cabang hanya untuk mendaftarkan nomor ponselnya sebagai nomor rekening ponsel di CIMB Niaga. Jadi pengguna rekening ponsel tidak perlu repot membuka akun tabungan di CIMB Niaga untuk dapat menikmati fitur rekening ponsel ini.

Yang lebih menarik lagi (bagi saya) terhadap fitur ini yakni kita dapat melakukan transfer (misalnya sebagai salah satu bentuk pembayaran) ke nomor ponsel yang belum terdaftar sebagai nomor rekening ponsel. Pemilik nomor ponsel dapat mengunjungi cabang CIMB Niaga terdekat untuk mendaftarkan nomor ponselnya kemudian menarik tunai yang sudah ditransfer sebelumnya. Jika dalam kurun waktu 14 hari, nomor ponsel belum juga didaftarkan, maka dana transfer akan dikembalikan ke pengirim.

Cara transaksi lainnya

Ketik Go Mobile, kirim SMS ke 1418. Ikuti panduan sehingga dapat melakukan transaksi yang diinginkan. Tapi ingat, nomor handphone yang kamu gunakan untuk mengirim sms merupakan nomor rekening yang digunakan dan sudah terdaftar di CIMB Niaga dan memiliki pulsa yang cukup.

Wow! Rekening ponsel praktis sekali ya!

Silakan menghubungi call center CIMB Niaga di 14041 untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai rekening ponsel. Follow twitter mereka di CIMBIndonesia atau CIMB_Assists. Like facebook page mereka di CIMBIndonesia. Subscribe kanal YouTube mereka di CIMB Niaga TV (playlist rekening ponsel). Kunjungi situs resmi mereka di cimbniaga.com tentang rekening ponsel.

Tutorial

***

Saya pikir CIMB Niaga benar-benar memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan. Kemudahan tersebut bukan hanya diberikan kepada nasabah, tapi juga kepada non-nasabah. Saya pikir hal ini juga dilakukan untuk merangkul non-nasabah yang tidak memiliki akun tabungan karena merasa ribet atau tidak terlalu perlu. Dengan adanya fitur ini, saya pikir non-nasabah yang tidak bankable tersebut menjadi familiar dengan transaksi perbankan dan syukur-syukur tertarik menjadi nasabah (bankable).

Saya sangat penasaran dengan langkah yang akan diambil oleh CIMB Niaga berikutnya, terutama status CIMB Niaga 5 tahun ke depan.

Apakah kamu tertarik menggunakan rekening ponsel?

CIMB Asean For You

Asean For You

21 thoughts on “Perihal Rekening Ponsel

    • Belum ada cabang? Setahu saya ATM tertinggi CIMB Niaga malah tersedia di daerah Papua. Hm, mungkin kamu bisa tanya 14041, cabang Papua itu di daerah mana. Biar cabang di daerah kamu tambah banyak, makanya ajak/promosiin ke daerah kamu untuk nabung di CIMB Niaga *wink

  1. sering kali cimbniaga susah kirim passcode untuk login ke gmobile,,,shingga tidak ada kepuasan dlam penggunaan pelayanan

  2. maaf saya mau menanyakan perihal dana transfer yang masuk ke rekpon , teman saya melakukan transfer ke rekening saya , saya menggunakan BCA dan teman saya niaga . ternyata dana yg dia transfer ke saya masuk nya ke rekpon , untuk prosesnya gmn yah ?? mohon petunjunk , terima kasih .

    • Langsung datang ke cabang terdekat untuk mendaftarkan nomor ponsel sehingga bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang. Segera lakukan penarikan dalam waktu dua minggu setelah dana ditransfer ya.

  3. Mau tarik tunai rek ponsel cimb niaga..gagal total…Pulsa ada 19rb msh dlm masa aktif,opr indosat..tp passcode ga dikirim kirim, sampai harus ulang sampai 4 kali(maksimum bs kirim passcode), passcode ga nongol juga, sampai di marahi org antri banyak di atm. Bagaimana bisa diandalkan klo gini..

    • Dalam hal ini, pengiriman passcode sangat bergantung dengan ketersediaan pulsa dan masa aktif yang digunakan oleh pengguna rekening ponsel. Selain itu layanan ini juga sangat berpengaruh dengan kondisi kuatnya sinyal telepon serta performance dari operator. Semoga CIMB Niaga, operator, dan stakeholder terkait terus meningkatkan kemampuan layanan sehingga dapat diandalkan sebagai ewallet Indonesia.

  4. menurut saya tidak praktis dan merepotkan dan juga boros pulsa,tiap kali transaksi pulsa kepotong RP.500 lebih baik pake kartu ATM,klu tarik tunai ga harus bergantung pada jumlah pulsa HP.

    • Ya kelebihan dan kekurangan masing-masing metode. Kalau pakai kartu ATM, harus bawa kartu ATM ke mana-mana. Sedang orang kebanyakan secara default membawa telepon seluler ke mana-mana. Katanya ada yang kurang jika tidak membawa telepon seluler, bahkan dibelain pulang lagi untuk mengambil telepon seluler yang tertinggal.

  5. Malah lebih praktis bawa kartu ATM,tinggal diselipkan didompet aja,tiap bawa dompet pasti ada kartu ATM,pulsa ga harus terpotong terus buat transaksi,,

    • Iya. Kalau dompet tertinggal? Kebiasaan masyarakat yang sulit lepas dari telepon seluler, digunakan oleh bank untuk mempermudah nasabah mengakses fitur bank. Bukan tidak mungkin, di masa depan nanti tidak dibutuhkan lagi kehadiran fisik kartu ATM untuk mengakses layanan bank.

    • Oh begitu ya. Saya pikir kalau ada yg menghubungi, minimal ya pasangan lah, telepon seluler yang ketinggalan akan diambil kembali biar tetap bisa berkomunikasi. Haha.

Leave a Reply