Perihal Windows 8

Dua pekan lalu, saya diberikan rezeki menjajal operating system (OS) terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft, Windows 8. Setelah perjuangan panjang memasangnya di notebook, akhirnya Windows 8 Pro bisa dinikmati juga. Berikut beberapa kesan personal saya terhadap OS ini.

Windows 8

Windows 8 Start Screen

Loh, tombol start menu di mana?

Mungkin itu hal pertama kali yang akan dilontarkan oleh beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan Windows versi sebelumnya. Tombol start menu sudah dipindahkan lokasinya di sebelah kanan layar dan diubah istilahnya menjadi `Start Charm`. Coba saja gerakkan mouse ke layar bagian pojok kanan atas atau bawah, maka akan muncul serangkaian tombol seperti gambar berikut.

Windows 8 Start Charm

Windows 8 Start Charm [gambar diambil dari winsupersite.com]

Paint, notepad, dst di mana ya?

Jujur saya sempat kebingungan mencari program bawaan tersebut. Ya masa’ nggak ada sih? Haha. Ternyata setelah menekan tombol start charm menu, saya harus mengeklik kanan di area kosong, lalu akan muncul tombol `All Apps` di bagian bawah untuk mengarahkan pengguna ke daftar program secara keseluruhan. Atau bisa juga dilakukan dengan mencarinya di `Search Charm` (jadi inget fitur spotlight di Mac).

Windows 8 All Apps Screen

Windows 8 All Apps Screen [diambil dari techinpages.com]

Keyboard saya kok jadi aneh gini?

Jadi waktu itu tombol `@` (tombol at di email) dan tombol `”` (tanda petik) saya tertukar. Ternyata harus ada penyesuaian layout keyboard. Awalnya layout keyboard saya menggunakan layout keyboard UK. Kemudian saya ubah menjadi layout keyboard US dan keyboard saya normal kembali. Caranya mengatur layout keyboard? Control Panel – Clock, Language, and Region – Language.

Windows Mail? Apa nih? Coba ah.. Eh kok disuruh verify email mulu? Udah verify kok layarnya blank?

Pengalaman pertama menggunakan aplikasi manajemen email bawaan Windows 8, semacam Windows Live Mail, Microsoft Outlook, dan Mozilla Thunderbird gitu lah. Awalnya disuruh verify email address, udah verify masiiih aja belum verified. Ternyata setelah restart, peringatan disuruh verify email sudah hilang, tapi layar malah blank. Setelah mengunduh .NET Framework 3.5, selesai sudah permasalahan. Aplikasi Windows Mail bisa digunakan. Ribet ya? Haha.

Kritik saya untuk Windows Mail sejauh ini hanya satu: mana fitur forward emailnya? :|

Error mulu pasang .NET Framework :(

Tenang tenang, setelah saya menggunakan solusi di support microsoft, akhirnya bisa terselesaikan juga.

Gak ada tombol X, gimana cara nutup aplikasinya?

Arahkan cursor ke layar bagian atas hingga cursor berubah menjadi tangan, lalu drag and drop ke layar bagian bawah.

Gak ada notifikasi waktu delete file atau folder ya?

Nah kalau yang ini saya belum tahu kenapa dihilangkan secara default. Harusnya sih ya, ada. Tapi … tunggu update dulu, kali aja emang bugs.

Windows 8 ribet ya?

Yap, itu kesan pertama saya. Tapi hal ini sebenarnya kesalahan dari saya sendiri yang tidak membaca dulu arahan-arahan yang ada. Setelah membaca artikel Windows 8 di situs Microsoft, saya bisa memanfaatkan fitur Windows 8 dengan lebih maksimal. Jadi saran dari saya, dibaca dulu tuh How-To use Windows 8. Haha. Ya seharusnya Microsoft menyediakan video tour dulu bagi pengguna saat pertama kali menggunakan OS ini agar tidak terlalu kagok dan bingung dengan fitur-fitur yang ada.

Menurut saya video tour ini sangat penting sekali dalam rangka edukasi pengguna terhadap OS baru yang memiliki perubahan yang bisa dibilang cukup drastis dari segi antarmuka pengguna, aksesibilitas, dsb. Sayang Windows 8 belum memilikinya secara default. Tapi Anda bisa unduh aplikasi gratis untuk mempelajari Windows 8 berjudul Learn Windows8 App di Windows Store.

One more thing…

Windows 8 menyediakan fitur picture password loh. Jadi setiap kali kamu login, tidak perlu memasukkan kata sandi lagi, cukup memasukkan sandi berupa gambar. Bingung? Silakan tonton dulu video berikut untuk lebih jelasnya. Cara mengaktifkannya sangat mudah, klik Start Charm – Settings – Change PC Settings – Users – Sign-in Options. Silakan mencoba. Gimana? Keren kan!

Bonus

Saya iseng bikin video Windows 8 dari unboxing hingga proses install selesai. Maaf ya kalau resolusinya kurang besar. Saya salah mengatur resolusi di kamera perekam soalnya. Hahaha. Enjoy!

Disclaimer: OS yang saya gunakan merupakan OS dengan lisensi asli. Mumpung lagi ada harga promo sebelum Februari 2013. Usahakan tidak menggunakan OS bajakan karena berpotensi mengandung malware yang berbahaya.

Bagaimana pendapat kamu tentang Windows 8? Apakah ada kesulitan? Punya tips?

Artikel terkait
8 Worst Windows 8 Annoyances and How to Fix Them [laptopmag.com]

2 thoughts on “Perihal Windows 8

Leave a Reply